Kemampuan Islam dalam Memecahkan Masalah


Banyak orang meragukan kemampuan Islam dalam merespon persoalan yang terus berkembang hingga Hari Kiamat. Benarkah jika syariah Islam diterapkan masalah akan selesai? Benarkah jika syariah Islam diterapkan ia bisa berlaku impersonal?

Benar, jika syariah Islam diterapkan maka semua permasalahan akan bisa diselesaikan dengan tuntas dan menyeluruh. Sebab, syariah Islam bersumber dari Allah Swt., Zat Yang paling mengerti apa solusi yang paling baik bagi manusia agar mereka terhindar dari permasalahan hidup. Selain itu, kemampuan syariah Islam dalam memecahkan permasalahan manusia juga telah terbukti di sepanjang sejarah keemasan penerapan syariah Islam.

Lalu, jika syariah Islam diterapkan apakah ia juga berlaku secara impersonal? Pada dasarnya setiap aturan yang diberlakukan oleh negara pasti dianggap impersonal, tanpa harus dikaitkan dengan siapa yang memunculkan, dan dari mana aturan itu diadopsi; misalnya sistem demokrasi. Demokrasi yang diterapkan sekarang dianggap sistem yang impersonal alias berlaku umum. Padahal demokrasi itu berasal dari masyarakat Yunani kuno. Jika melihat asal-usulnya, demokrasi jelas-jelas tidak impersonal. Artinya, ia lahir dari sub masyarakat tertentu. Namun, ketika sistem demokrasi ini diadopsi oleh banyak negara dan diterapkan melalui undang-undang negara, jadilah ia bersifat impersonal. Sistem pemerintahan republik dengan konsep pembagian kekuasaan (trias politika) ajaran Montesqieu, jika dilihat dari asal-usulnya, jelas-jelas sangat personal dan pribadi. Namun, ketika ajaran Montesqieu ini diadopsi dalam konstitusi negara dan diterapkan oleh negara, jadilah ia impersonal. Begitu juga dengan syariah Islam. Jika dilihat dari asal-usulnya, syariah Islam memang berasal dari agama Islam. Namun, jika syariah Islam diadopsi dalam konstitusi negara dan diterapkan sebagai konstitusi dan undang-undang negara, pastilah ia akan menjadi impersonal.

Adapun cara Islam merespon masalah adalah dengan mengembangkan tradisi ijtihad. Ijtihad adalah tradisi ilmiah yang dimiliki kaum Muslim untuk menyelesaikan setiap permasalahan umat sesuai dengan syariah Islam. Walhasil, tidak perlu diragukan lagi Islam pasti mampu menjawab setiap masalah baru yang muncul di tengah-tengah masyarakat.

Related

tsaqofahislam 4856083445378823109

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us


item
Wordpress